cover
Contact Name
Nurlina Ariani Hrp
Contact Email
nurlinaariani@yahoo.com
Phone
+6281362067516
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No. 126A km.3,5 Aek Tapa Rantauprapat Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
ISSN : 2460593X     EISSN : 26855585     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.JPMS diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2015)" : 9 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACCELERATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAFTIF SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 4 BILAH HULU Islamiani Safitri
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i1.1267

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan penalaran adaftip siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran adaftip siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi sisw SMP N 4 Bilah Hulu yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas VIII T.A 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP SMP N 4 Bilah Hulu, Labuhanbatu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dimana yang menjadi sampel adalah kelas VIII-1 dan VIII-2. Hasil pengujian hipotesis dengan tingkat
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN LEMBAR KERJA TERSTRUKTUR PADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI DAN INVERS FUNGSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 09 KUALUH HULU Muhammad Yunus
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i1.1272

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai apakan ada pebedaan hasil belajar matematika pada materi kompsisi fungsi dan invers fungsi antara pembelajaran berbantu lembar kerja terstruktur dan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui keefektifan penggunaan lembar kerja terhadap hasil beajar matematika pada materi komposisi fungsi dan invers fungsi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu, diambil secara acak yaitu dengan mengambil dua kelas yaitu satu kelas untuk kelas kontrol (kelas XI IB) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen (kelas XI IA). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian diperoleh setelah dilakukan tes hasil belajar dengan soal yang sama diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 74,13 sedangkan kelas control sebesar 69,24. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas control. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t. dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,761 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas control. Sehingga dari data diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantu lembar kerja lebih efektif daripada pembelajaran konvensional pada materi komposisi fungsi dan invers fungsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 NA IX-X AEK KOTA BATU Laili Habibah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i1.1268

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui pembelajaran PMR  di kelas VII SMP Negeri 1 NA IX-X Aek Kota Batu (2) Bagaimana proses jawaban siswa melalui pembelajaran  di kelas VII SMP Negeri 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 NA IX-X Aek Kota Batu yang berjumlah 180 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas VII-A dan kelas VII-B, dimana kelas kuasi eksperimen adalah kelas VII-A dan kelas biasa adalah kelas VII-B. Tes kemampuan komunikasi di uji menggunakan soal uraian dengan jumlah soal 5 yang telah divalidasi dan reliabilitas dengan r tabel = 0.878 dan rhitung = 0.881, maka telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai thitung (10.1)>ttabel=2.019 artinya terdapat peningkatan kemampuan komunikasi melalui pembelajaran . Proses penyelesaian jawaban siswa dengan pembelajaran  lebih bervariasi pola jawabannya daripada kelas biasa.
PENERAPAN KETERAMPILAN BERPROSES MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOVLING DALAM HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VII MTS ULUMUDDIN SIDODADI Sakinah Ubudiyah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i1.1273

Abstract

Penelitian tentang penerapan keterampilan berproses model pembelajaran problem sovling dalam hasil belajar matematika dikelas VII MTs Ulumuddin Sidodadi tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan keterampilan berproses model pembelajaran problem sovling dalam hasil belajar matematika dikelas VII MTs Ulumuddin Sidod.
PENGARUH KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Rahma Muti'ah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i1.1269

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kemampuan Penyesuaian Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Ibrahimy Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa dengan persamaan regresi Y atas X membentuk garis linier dengan persamaan regresi Y = 23.394 + 0.656X, artinya koefisien b dinamakan koefesien arah regresi linier dan menyatakan setiap perubahan rata-rata Y untuk setiap variabel X sebesar satu unit. Perubahan ini merupakan pertambahan karena b = 0.656 (positif). Persepsi siswa tentang kemampuan penyesuaian diri siswa dengan hasil belajar matematika siswa memberikan hubungan yang positif. Pada uji hipotesis digunakan uji t dan diperoleh thitung = 6.927 > ttabel = 2.040. Dengan demikian terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kemampuan penyesuaian diri siswa yang signifikan dengan hasil belajar matematika siswa kelas X MA Ibrahimy Tahun Pelajaran 2014/2015. Dan juga besarnya pengaruh antara persepsi siswa tentang kemampuan penyesuaian diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa adalah 57.76%.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF JIGSAW DAN METODE KONVENSIONAL PADA TURUNAN FUNGSI Suriyani M.Pd
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i1.1274

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw dengan meode konvensional pada materi pokok turunan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswakelas XI IPA SMA Negeri 1 Pulau Rakyat. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif tipe jigsaw dan kelas XI IPA2 sebagai Kelas Kontrol yang diberi pembelajaran dengan metode ceramah, dimana masing-masing kelas berjumlah 40 orang. Untuk menguji hasil belajar siswa diberi post-test pada akhir pembelajaran yang berbentuk essay tes sebanyak 5 soal. Dari analisis data, diproleh skor rata-rata pembelajaran yang menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw 7,05 dan standar deviasi 1,131. Sedangkan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional diperoleh skor rata-rata 6,54. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA Rohani M.Pd
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i1.1270

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika realistik dalam mengajarkan topik dimensi tiga di kelas X SMA, (2) Membandingkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran matematika realistik dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Selatan tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 7 kelas paralel. Sampel penelitian dipilih 2 kelas secara acak untuk ditetapkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Berdasarkan nilai rata-rata tes akhir, kemampuan berpikir kreatif matematik pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan realistic mathematics education (RME) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 AEK NATAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Irma yanti
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i1.1266

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Aek Natas. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dalam usaha peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Number- Head- Together (NHT). Teknik pengumpulan data dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara: Observasi, tes, dan dokumen. Instrumen penelitian ini menggunakan: RPP, LKS, Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil pengamatan terhadap keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan pemberian soal tes pada setiap akhir siklus serta hasil reflaksi siwa pada setiap akhir pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diambil dari lembar pengamatan terhadap guru. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan membandingkan skor rata-rata tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II dengan pembelajaran metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa adalah 53,73. Setelah dilakukan pemberian tindakan dengan model pembelajaran NHT, pembelajaran matematik di akhir siklus I yaitu rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa adalah 55,00 dan meningkat pada siklus II sebesar 72,65. Sedangkan pola jawaba siswa bervariasi. Dari penelitian ini dapat diperoleh simpulan bahwa melalui pembelajaran Number- Head- Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan proses jawaban siswa kelas VIII SMP N 1 Aek Natas. Saran yang dapat diajukan adalah para guru dalam melaksanakan pembelajaran juga diharapkan menggunakan pembelajaran Number- Head- Together (NHT).
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIBANDING KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION) PADA KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SEMESTER 2 MTS N 2 RANTAU UTARA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI POKOK HIMPUNAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Amin Harahap
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v1i1.1271

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan segiempat bagi siswa kelas VII MTs N 2 Rantauprapat Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan segiempat bagi siswa kelas VII MTs N 2 Rantauprapat Tahun Ajaran 2014/2015.

Page 1 of 1 | Total Record : 9